PERUBAHAN PANDANGAN PADA KURIKULUM
Sabtu, 13 Februari 2021
Oleh Asip Suryadi
Secara historis, pendidikan formal di Barat maupun Timur di era awal didirikan oleh lembaga agama. Tujuan utamanya adalah literasi kitab suci. Isi pendidikan di era terebut sangat tekstual. Para murid diwajibkan menghafal teks-teks ayat suci ketimbang memahaminya.
Tujuh ratus tahun lalu baik di Cina mapun Eropa pendidikan untuk masyarakat elite bertujuan untuk mengusai beberapa kemampuan. Di sekolah Confusius lulusan harus menguasai beberapa keterampilan yaitu kaligrafi, memanah, musik, puisi, berkuda, ritual agama, dan menghafal teks kitab suci. Sementara itu di sekolah-sekolah Eropa, lulusan sekolah harus menguasai kecakapan yang disebut trivium yaitu grammar (tata bahasa), rhetoric (retorika) dan logic (logika). Dikenal juga kemampuan quadrivium yang terdiri dari musik, geometri, astronomi, dan arithmetika.
Pada semua pendidikan tersebut murid lebih cenderung diminta untuk
menghafal dari pada memahami atau menerapkan ilmu. Para siswa dinyatakan
berhasil lulus pada level tertentu apabila dapat mengingat dan
mengulang kata-kata dan kalimat bijak para filosof seperti Confusius,
Mencius, Artistoteles, Thomas Aquino, dan lainnya.
Di belahan Timur Tengah pada masa kejayaan Peradaban Islam periode tahun 750 sampai 1250 Masehi pendidikan ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan baik ilmu syariah maupun ilmu aqliah. Pada masa itu mulai berdiri lembaga-lembaga pendidikan formal mauun non formal. Berdirinya universitas telah melahirkan para ilmuwan Islam moderen yang teori-teorinya berdampak terhadap peradaban dunia. Kurikulum pendidikan Isalam pada masa itu lebih maju dari pada Eropa. Namun demikian belum dikenal pendidikan profesinal.
SAma seperti pada peradaban Barat, ilmu-ilmu lebih cenderung baru sebatas pemikiran. Belum sampai kepada aplikasi. Keteramilan untuk
bekerja seperti berdagang lebih cenderug diturunkan dalam
keluarga atau pemagangan. Misalnya, kelurga pedagang menurunkan keterampilan
berdagangnya kepada generasi berikutnya. Atau sorang anak dikirim untuk
magang kepada seorang pedagang. Orang tua melihat bakat anaknya. Apabila
kelihatanya dia punya kecakapan memotong rambut maka aank tersebut
dikirm untuk magang keterampilan memotong rambut.
Di periode renaisan terjadi perubahan signifikan pada pola pendidikan di Barat. Sementara pendidikan pola keagamaan terus berlangsung di berbagai tempat, di tempat lainnya terjadi sekularisasi. Pada pola pendidikan baru Renaisan, pendidikan tidak lagi menghafal ayat-ayat suci dan kalimat bijak para filosofis namun mempelajari teori yang bersifat tentatif hasil dari cara berpikir dengan metode ilmiah para ilmuwan Renaisan. Pola pendidikan ini menghasilkan para ilmuwan angkatan kedua setelah para pionir Barat.
Di Abad 20, pendidikan mulai mengarah ke arah profesi. Pengetahuan teoretis dan teknologi telah diterapkan untuk menyelesaikan kehidupan sehari-hari sehinga melahirkan jenis-jenis pekerjaan baru. Insinyur, pengacara, dokter, apoteker, akuntan, manajare, dan sebagainya menjadi profesi yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan profesional. Sejak itu lahirlah kampus-kampus, lembaga pelatihan profesi dan sekolah vokasional sebagai lembaga pencetak profesional. Pola kurikulum tersebut diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan indutri.
Selanjutnya menjelang Abad 21, ketika industri mencapai tahap 4.0, terjadi revolusi dari human resource ke human capital, arah pendidikan tidak lagi untuk mencetak para pekerja, melainkan mencetak masyarakat kreatif. Pada masa ini pekerjaan keras telah diambil alih robot. Manusia hanya bertugas mengoperasikan saja. Sedangkan pekerjaan lunak diambil alih dengan aplikasi (software).
Itulah latar belakang lahirnya pandangan baru mengenai kurikulum pendidikan formal 5 Minds of the Future (Discipline Mind, Synthesize Mind, Creative Mind, Respectful Mind, Ethical MInd) yang digagas Howard Gardener. Pandangan lain yang lahir selanjutnya adalah 4 C's of 21st Century Skills (critical thinking, creativity, collaboration, commuication). Pandangan ini nampaknya sebuah revoluasi dari pandangan kurikulum sebelumnya yang diwakili oleh konsel 5 pillar pendidikan pada program Education for Sustainable Development (ESD) 2005-2014 yang diluncurkan UNESCO. Lima pilar pendidikan yang dimaksud adalah learnining to know, learning to do, learning to live togenther, learning to be dan learning to transform onleself on society. Pandangan ini tidak lagi digunakan karena dianggap tidak lagi mewadahi kebutuhan masa depan.
Pandangan kurikulum 5 MInds of The Future dan 4C's adalah pandangan kurikulum yang sedang dianut sekarang ini. Dalam implementasinya, pembuat kebijakan, satuan pendidikan dan pendidik harus menyajikan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kemampuan masa depan seperti pada konsep tersebut. Mari kita pelajari dan praktekkan strateginya.
Pandangan mengenai kurikulum akan terus berubah menyesuaikan perkembangan budaya manusia. Kurikulum fungsinya menyiapkan masyarakat masa depan bukan hari ini. Masa depan pasti pasti berbeda dengan hari ini. Oleh karena itu kurikulum akan terus berubah. Sering kali para pelaku pendidikan mempertanyakan perubahan kurikulum: "Mengapa kurikulum berubah terus?". Jawabannya: "Karena budaya manusia berubah terus". Kurikulum nasional mungkin berubah tiap 5 tahun sekali, itu normal. Justru sebuah keniscayaan yang harus terjadi adalah perubahan kurikulum pada rancangan pembelajaran guru harian karena setiap hari berinteraksi dengan peserta didik yang sedang berubah.
Daftar bacaan:
- Howar Gardener, 5 MInds of the Furture, Harvard Business Press, Boston-Massachusetts, 2008.
- Muhammad Saleh, Kejayaan Pendidikan Islam Pijakan Peradaban Manusia, http://www.iainpare.ac.id/kejayaan-pendidikan-islam-pijakan-peradaban-manusia/, 12 Februari 2021.
- Robert Carneiro dan Alexandra Draxter, Education for the 21st Century: lessons and challenges, European Journal of Education, May 2008, https://www.researchgate.net/publication/314224846.
- Bri Staufer, What Are the 4 C's of 21st Century Skills? Applied Education System, 7 Mei 2020, https://www.aeseducation.com/blog/four-cs-21st-century-skills.
LIMA KEMAMPUAN MASA DEPAN
Rabu, 13 Januari 2021
Oleh Asip Suryadi
"There is no way to stop globalization. But we must be over more vigilant to its cost and the need to maintain highly respectful and ethical standard with respect all parties".
Kalimat di atas ditulis di bagian awal buku berjudul 5 Minds for the Future yang ditulis Howard Gardener. Beliau menegaskan bahwa tidak ada cara untuk menghentikan globalisasi. Yang harus kita lakukan adalah mewaspadai dampak buruknya dan menjamin adanya standar tinggi perilaku saling menghargai dan sopan santun diantara semua masyarakat global
Buku tersebut duterbitkan tahun 2008. Saya merasa menyesal membaca buku tersebut tidak pada waktunya. Yang dimaksud "future" oleh Gardener dalam buku ini adalah hari ini. Sedangkan saya baru membaca bukunya. Tapi last but not least, saya merasa tercerahkan membacanya.
Gardener adalah profesor Universitas Massachusetts bidang psikologi, khususnya tentang pikiran dan otak manusia. Buku sebelumnya yang beliau tulis adalah Frames of Mind yang terbit tahun 1985. Buku tersebut sangat fenomenal. Dalam buku ini Gardener mengungkapkan hasil penelitian dan gagasan mengenai kecerdasan jamak. Gagasan yang dimuat dalam buku ini telah mengobrak-abrik teori psikologi dan keyakinan masyarakat bahwa orang cerdas adalah orang yang memiliki kecerdasan cenderung matematikal dan ber-IQ tinggi. Gagasan ini telah mengubah arah penelitian dan pengembangan teori psikologi mengenai pikiran dan otak manusia, dan dalam tataran praktis telah mengubah strategi pendidikan dan kediklatan.
Dalam buku 5 Minds for the Future Gardener memaparkan hipotesis bahwa ada 5 kemampuan yang harus dikuasai para profesional di masa depan yaitu discipline mind, synthesize mine, creative mind, respectful mind dan ethic minds.
Tanpa menguasai kelima kemampuan tersebut seseorang tidak dapat
melaksanakan perannya sebagai anggota masyarakat dengan sukses.
Kemampuan pertama Discipline mind. Yaitu penguasaan terhadap disiplin ilmu tertentu. Seorang profesional harus menguasai bangunan pengetahuan (body of knowledge) dan prosedur kunci yang dapat menjadikannya anggota dari sebuah komunitas profesional. Selanjutnya semua profesional harus terus mengasah bengunan pengetahuannya tanpa henti. Gardener menegaskan bahwa "Much research confirms that it takes up to ten years to master a discipline" (berdasarkan banyak penelitian, seorang profesional akan dapat membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk menugasai bangunan pengetahuan terkait profesinya.
Kemampuan kedua synthesize mind. Kemampuan mensisntesis adalah kemampuan untuk memadukan informasi secara generik dari apa yang diperoleh panca indra. Pada dasarnya bangunan pengatahuan yang berdiri megah sekarang adalah kompilasi dari partikel-partikel pengetahuan yang digabungkan sehingga saling terkait antara satu dengan lainnya membentuk disiplin-disiplin ilmu yang juga merupakan bagian dari bangunan besar pengetahuan. Kemampuan yang dibutuhkan untuk ikut serta dalam membangun pengetahuan tersebut adalah kemampuan melakukan sintesis (menggabungkan). Dalam era big data orang dapat memperoleh informasi dalam jumlah besar. Namun demikian informasi tersebut akan berserakan menyampah apabila tidak disintesis menjadi pengetahuan yang bermakna.
Kemampuan ketiga adalah creative mind. Kreativitas adalah tindakan mengubah ide-ide baru dan imajinatif menjadi kenyataan. Kreativitas dicirikan oleh kemampuan untuk memahami dunia dengan cara baru, menemukan pola-pola tersembunyi, membuat hubungan antara fenomena yang tampaknya tidak terkait, dan menghasilkan solusi. Dalam proses kreatif terjadi dupa proses yang berbentuk siklon yaitu berpikir dan kemudian menghasilkan. Kemampuan ini dibutuhkan agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi agar lebih bermanfaat bagi peradaban maunsia.
Kemapuan keempat adalah respectful mind. Menghormati adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki masyarakat global untuk menyikapi keberadaan orang lain. Setiap orang harus memiliki rasa menghargai keberadaan fisik, perilaku, keyakinan, karya, etnik, budaya dan perbedaan sejenisnya. Disaat batas-batas geografi, demografi, budaya dan bahasa meleleh dalam ruang internet berukuran tak berbatas maka orang beridentitas berbeda bersentuhan langsung nyaris telanjang. Dalam kondisi tersebut dapat terjadi gesekan yang dapat mengundang chaos. Gardener memberi contoh kasus kartun yang melecehan Nabi Muhammad saw. di media Swedia tahun 2005. Beliau juga menyebutkan terorisme sebagai bentuk gesekan dalam globalisasi. Tanpa bermaksud menyederhanakan masalah, obatnya adalah respectful mind.
Kemampuan kelima adalah ethical minds. Etika (tatakrama), adalah kompetensi penting dan utama. Masyarakat global harus memahami siapa dirinya, siapa orang lain, dan bersikap benar merespon orang di sekitarnya. Aspek ini terkait dengan benar-salah, baik-buruk, baik hati-jahat, beradab-biadab dan sejenisnya dalam merespon orang lain. Kata lain yang menggambarkan kemampuan ini adalah moralitas. Dengan sikap ini masyarakat global bisa hidup dengan senyum dan damai.
Tiga kompetensi pertama yaitu discipline mind, syntheses mind dan creative minds berkaitan dengan kognisi, sedangkan dua kompetensi terakhir terkait dengan afeksi. Sikap pertama (respect) lebih kongkrit karena dapat diamati. Sedangkan sikap kedua (ethic) lebih abstrak karena bersumber dari hati nurani, meskipun dampaknya dapat dirasakan oleh orang lain. Menurut pemahaman saya, dua kemampuan terahkir (ethic dan respectful) adalah pagar agar tiga kompetensi lainnya tidak liar.
Satu hal yang ditegaskan Gardener terkait dengan penguasaan kemampuan tersebut ada fungsi pendidikan. Dalam konteks 5 minds, pendidikan harus mengambil peran dalam transformasi dan internalisasi kemampuan tersebut kepada masyarakat global. Namun demikian, untuk menguasai kemampuan tersebut diperlukan tatanan pendidikan berbeda. Gardener menegaskan bahwa "These changes call for new educational form of process". Untuk pendidikan formal (pendidikan sekolah dan pelatihan), materi ajar, strategi, media-sumber belajar dan penilaian harus diarahkan untuk mengembangkan 5 kemampuan tersebut. Pendidikan dan pembelajaran harus diubah dari pembelajaran rote learning (hafalan) dengan papaer and pencil test menjadi pembelajaran yang lebih bermakna dan mecerdaskan.
Konsep ini sudah digunakan di berbagai negara. Di Indonesia ada perkembangan yang mengarah ke konsep tersebut. Isu terakhir Pendidikan Nasional adalah mengubah sistem penilaian pendidikan oleh pemerintah dari Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) ke Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter. Dari beberapa penjelasan yang saya dengar melalui video conference, inovasi/kebijakan ini dilandasi dengan konsep Gardener di atas.
Sistem penilaian ini tentu berimplikasi terhadap praktek pendidikan secara keseluruhan. Sistem penilaian yang dilontarkan ini saya pahami sebagai kail saja untuk memancing inovasi di bidang pembelajaran. Para pelaku pendidikan tidak boleh memahaminya dalam konteks sederhana sekedar mengganti UN/USBN dengan AKM, melainkan harus dipahami sebagai sebuah reformasi pendidikan secara keseluruhan. Diharapakan tidak ada lagi yang mengulang kekeliruan ketika konsep berubah tapi praktek pendidikan dan pembelajaran tidak berubah seperti terjadi pada banyak pelaku pendidikan di masa lalu.
Hipotesis Gardener di atas hanya salah satu saja pendekatan untuk mengembangkan praktek pendidikan sekolah dan pelatihan. The "5 Minds" dapat dijadakan landasan filosofis maupun teoretis bagi lembaga maupun insan pelaku pendidikan sekolah dan pelatihan untuk memformulasikan bentuk-bentuk praktis pendidikan dan pembelajaran yang lebih unggul dan relevan dengan zaman dan dalam konteks keindonesiaan.
Mari kita belajar terus untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Gardener mengatakan The future beings to those organizations, as well as those individuals, that have made an active, life long "commitment to continue to learn".
Sumber bacaan: 5 Minds for the Future, Howard gardener, Harvard Busines School Press, Boston-Massachusetts, 2008.
Sumber gambar: https://bizedge.co.nz/story/dell-how-tech-will-shape-the-future-of-our-lives, 11 Januari2021.
KURIKULUM ANTITESIS
Rabu, 29 Juli 2020
Ada yang menarik dari pernyataan (atau kebijakan?) Mendikbud berikut. “Kami mendorong para guru untuk tidak menyelesaikan semua materi dalam kurikulum. Yang paling penting adalah siswa masih terlibat dalam pembelajaran yang relevan seperti keterampilan hidup, kesehatan, dan empati”. Kutipan ini saya salin dari halaman berita di Sekertariat Negara dan juga dimuat berbagai media massa baik web maupun TV.
Tidak banyak pakar, politikus dan praktisi yang membahas pernyataan tersebut. Saya tidak tahu apakah banyak yang setuju, atau lebih banyak yang tidak setuju. Sepertinya isu ini tidak menguntungkan bagi para politisi untuk di-blowup. Mungkin juga isu ini kurang penting bagi pakar pendidikan di kampus-kampus karena tidak sesuai denga grand theory yang dianut. Diamnya para praktisi mungkin karena sudah bosan dengan perubahan yang tak berdampak. Para guru lebih sering mengatakan “Ganti menteri, ganti kurikuum. Yang lama belum tuntas, yang baru sudah mendesak”.
Menurut saya, ini penting untuk dibahas karena genting. Nyaris 96% satuan pendidikan tidak dapat menyelenggarakan pembelajaran reguler karena berada di zona kuning dan merah. Pada zona tersebut pembelajaran hanya dapat disajikan dengan pendekatan blended, atau daring penuh. Pada kondisi ini, paling untung hanya 50% waktu saja yang dapat dugunakan oleh satuan pendidikan dalam menyajikan proses pembelajaran. Selebihnya, peserta didik harus belajar secara mandiri di tempat tinggal masing-masing. Oleh karena itu tentu saja satuan pendidikan tidak bisa menyajikan pembelajaran dengan kurikulum regular. Saya memprediksi, hanya 50% rumusan kompetensi dasar yang dapat disajikan. Itu pun kalau pembelajaran disajikan dengan efektif dan efisien.
Solusinya adalah kebijakan seperti yang disampaikan oleh Mas Menteri di atas. Instansi penyelenggaran pendidikan setingkat pemerintah daerah kabupaten/kota, atau tingkat satuan pendidikan boleh menyajikan sebagian kurikulum. Kata Mas Menteri: Yang paling penting adalah siswa masih terlibat dalam pembelajaran yang relevan seperti keterampilan hidup, kesehatan, dan empati.
Bagi banyak orang, itu pernyataan aneh. Sebelumnya, Kurikulum Nasional bersifat Mastery. Seluruh peserta didik harus menyelesaikan semua kurikulum (dengan rincian kompetensi yang ada dalam rumusan Kompetensi Dasar (KD)) dan batas lulus tertentu (KKM). Bagi yang tidak dapat menyelesaikan kurikulum, maka tidak bisa memperleh ijazah. Tiba-tiba sekarang, guru tidak usah menyelesaikannya. Ini tentu tidak dapat dipahami dengan cara berpikir lama. Kita harus berpindah paradigma. Ini adalah sebuah antitesis.
Jadi apa yang dimaksud dengan “… mendorong para guru untuk tidak menyelesaikan semua materi dalam kurikulum”? Apakah guru boleh memilih-milih KD untuk diajarkan? Atau mengajarkan KD tidak sampai tuntas? Jawaban yang lebih baik adalah: Guru memilih KD substansial, namun pembelajaran disajikan secara mendalam dan kontekstual meyangkut pengetahuan, keterampilan hidup dan nilai-nilai kehidupan yang dialami siswa sehari-hari. Atau instansi pengelola pendidika/satuan pendidikan/guru membuat kurikulum yang relevan.
Pembelajaran seperti itu tidak bisa dilakukan apabila tidak mengubah paradigma. Menurut saya, konsep yang harus digunakan adalah “belajar untuk hidup dan kehidupan”; bukan belajar untuk lulus ujian melalui mengerjakan soal pilihan ganda semata (paper and pencil test). Pada paradigma alternatif ini peserta didik hanya dapat lulus dari sekolah apabila memiliki kompetensi untuk hidup pada tingkatan tertentu sesuai dengan perkembangan usianya.
Target hasil belajar utama adalah, taat beribadah serta memiliki sikap mandiri, jurjur, persistent (ngotot/pantang menyerah), dan fleksibel. Menguasai pengetahuan substansial, bukan pengetahuan remeh temah yang tidak berdampak. Memahami konsep-konspes dasar yang dapat melandasi perkembangan intelektualitas untuk mempelajari konsep yang lebih tinggi. Memiliki keterampilan berpikir analitis, kritis dan kreatif. Memiliki kemampuan kolaborasi dan problem solving. Memiliki fisik yang sehat dan kuat. Dapat menggunakan peralatan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menguasai ICT untuk belajar dan berkomunikasi. Mas Menteri sempat menyebutkan kompetensi 4C dalam beberapa kesempatan, yaitu collaboration (kerja bersama), communication (komunikasi), creativity (kreatifitas), critical thinking (berpikir kreatif). Itu adalah kompetensi Abad 21 yang harus menjadi kompetensi inti pada kurikulum “belajar untuk hidup dan kehidupan”.
Pada paradigma pendidikan tersebut materi ajar bukan target utama melainkan hanya jembatan saja. Artinya, apapun materi ajarnya, harus mengantarkan peserta didik untuk menguasai kompetensi tersebut. Dengan demikian, satuan pendidikan/guru dapat memilih tema materi menarik yang sesuai dengan muatan dan kondisi lokal. Bahkan, guru beberapa mata pelajaran dapat menyajikan pembelajaran tematik dengan tema terkini. Misalnya, tema utama pembelajaran adalah “Mengatasi Pandemi Covid 19”. Beberapa mata pelajaran digabungkan dalam rangka mengkaji tema tersebut.
Tentu saja strategi pembelajaran harus berbeda dari bisanya. Model pembelajaran yang diguakan adalah problem base, inquiry dan project base. Melalui model pembelajara tersebut peserta didik difasilitasi untuk belajar yang berawal dari masalah, kemudian melebar ke pencarian informasi untuk problem solving. Selanjutnya dapat disajikan projek. Kegiatan-kegiatan belajar seperti itu secara teoretis dapat membentuk watak, melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs) dan melatih keterampilan brkomunkasi, merencanakan, menata keiatan, menyusun laporan, dan menkomunikasikannya dalam berbagai bentuk menggunakan ICT.
Tentu saja pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia. Anak kelas 1 SD misalnya, memulai dari melakukan projek mengenai dirinya dan lingkungan keluargnya. Mereka dibimbing dari jarak jauh untuk menyebutkan nama dirinya, nama keluarganya, menggambar rumahnya, mengenalkan hewan peliharaannya, memvideokan teman-teamnnya, memoto kegiatan ibadah dirumah dan sejenisnya. Berbeda dengan kelas 10. Mereka melakukan proyek mengenai kegiatan sosial, politik dan ekonomi dan keagamaan di wilayah kelurahan atau kecamatan. Kemudian melakukan penelitian sain mengenai dampak kehidupan modern terhadap lingkungan.
Dalam paradigma belajar tersebut, apabila satuan pendidikan/guru masih memilih Kurikulum Nasional sebagai acuan, kaka satuan pendidikan/guru dapat memilih sebagian KD dari KD yang terdaftar. Apabila dalam setahun terdapat 10 Kompetensi Dasar (KD), maka guru harus memilih sebagian KD saja untuk disajikan. Kalau substansi KD besar-besar, maka dapat memilih 5 KD saja. Atau kalau dalam kasus KD substansi KD kurus maka dapat maka dapat memilih 6 atau 7 KD saja.
Lalu bagaimana cara memilih KD? Tentu saja beberap kirteri dapat diidentifikasi seperti kontkstual, up to date, mudah ditemui kaitannya dengan kehidupan lokal, berguna, lebih manarik dan memiliki kaitan dengan masa depan. Caranya, buatlah matriks ceklis pemetaan KD dengan kriteria tersebut. Pada kolom pertama dituluskan nomor dan rumusan setiap KD, kemudian di komom berikutnya cantumkan kriteria tersebut. Telaah satu per satu dan petakan terhadap kriteria. Rumusan KD yang memperoleh tanda ceklis terbanyak pantas dipertimbangkan sebagai KD yang dipilah.
Selanjutnya cobalah berkolaborasi dengan mata pelajaran lain. Cara ini banyak keuntungannya. Pertama mengajar bias berkolaborasi sehingga lebih ringan. Kedua waku bias digabungkan sehingga waktu belajar bertambah. Ketiga, mata pelajaran menjadi lebih sederhana. Dengan cara ini pembelajaran dapat dipangkas menjadi 50% sehingga memungkinkan untuk disajikan dengan pembelajaran blended atau fully online dalam kondisi pandemic Covid 19.
Gagasan ini merupakan alternatif solusi. Kurikulum dipangkas, namun harapanya hasil belajar meningkat. Ini aneh, namun dapat dilakukan. Perlu ada yang menginisiasi dan mencobanya. Namun demikian yang menjadi prasyarat adalah perubahan pola pikir. Dengan mengubah pola pikir maka sesuatu yang asing menjadi normal. Itulah salah satu interpretasi terhadap pernyataan (kebijakan) Kemdikbud yang disebutkan di awal. Salah satu moda pendidikan era new normal.
Sumber:
- Bacaan: Inilah Perubahan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Humas Sekretariat Kabinet Republic Indoneisa, dipublikasikan pada 15 Mei 2020, https://setkab.go.id/inilah-perubahan-kebijakan-pendidikan-selama-masa-pandemi-covid-19/
- Gabar: https://prowritingaid.com/Antithesis, diambil 29-7-2020